Selasa, 11 Desember 2012

“KOMPUTER DAN MANAJEMEN” Saat ini Ilmu Pengetahuan dan Tekonologi (IPTEK) semakin meluas dan semakin canggih. Jadi tidak heran jika semua bidang kehidupan sekarang menggunakan teknologi dan serba praktis, terutama penggunaan komputer untuk memudahkan kegiatan manusia. Begitu juga dalam bidang pendidikan, komputer banyak digunakan untuk mempermudahkan pekerjaan atau pembuatan data-data sekolah, terutama bagi Tenaga Administrasi Sekolah (TAS). Sebelum tren komputer terjadi, dul;u semua pekerjaan selalu dikerjakan dengan mesin tik manual. Tetapi dengan adanya kemajuan Iptek, semua dituntut menggunakan komputer. Selain karena mudah dan cepat, komputer juga efektif dan efisien untuk digunakan. Tenaga Administrasi Sekolah sebagai salah satu pusat pembuat program sekolah dalam melakukan pengelolaan data selalu menggunakan komputer. Misalnya dalam pembuatan absensi, kalender sekolah, pengelolaan anggaran sekolah, pembuatan kurikulum sekolah dan sebagainya. Tidak hanya tenaga administrasi sekolah saja yang menggunakan komputer, tetapi kepala sekolah, para guru, dan juga peserta didik banyak menggunakan komputer dalam melaksanakan tugas. Jadi dapat dissimpulkan bahwa komputer sekarang ini menjadi alat vital dalam semua bidang, termasuk bidang pendidikan. Tenaga administrasi sekolah dalam melaksanakan tugas di sekolah mulai dari planning, organizing, actuating, monitoring, controling sampai dengan evaluating selalu berkaitan dengan komputer yaitu untuk penyusunan data sampai dengan pelaporan data. Komputer saat ini sudah sangat awam bagi masyarakat, apalagi bagi tenaga pendidikan. Jika sampai saat ini belum ada komputer, bisa dibayangkan bagaimana kegiatan manajemen akan berjalan. Tentunya akan berjalan dengan lambat, karena membutuhkan waktu yang lama untuk mengelola data-data sekolah. Jika menggunakan komputer, semua pekerjaan akan lebih mudah dikerjakan dan cepat. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan fungsi komputer terhadap manajemen sekolah, yaitu : a. Membantu mempermudah pekerjaan/transaksi manajemen sekolah. b. Dapat menghemat waktu pengerjaan atau pengelolaan data-data. c. Meminimalisir kesalahan penginputan data-data sekolah. d. Menyimpan data-data sekolah yang penting. e. Mempermudah penyebaran informasi-informasi sekolah. f. Menyediakan informasi up to date yang dibutuhkan oleh manajemen. g. Membantu tenaga administrasi menyelesaikan laporan tepat waktu. h. Meningkatkan kinerja manajemen dan kepuasan peserta didik dan orang tua murid. Untuk menjadi tenaga administrasi pendidikan selain pandai dan mempunyai keahlian kita juga dituntut untuk dapat mengoperasikan atau menguasai komputer, karena semua kegiatan pasti akan berhubungan dengan komputer. Di dalam sekolah terdpat beberapa substansi manajemen, yaitu (a) Manajemen Kurikulum atau Pembelajaran, (b) Manajemen Kesiswaan atau Peserta Didik, (c) Manajemen Sumber Daya Manusia, (d) Manajemen Sarana dan Prasarana, (e) Manajemen Keuangan, (f) Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat, dan (g) Manajemen Perkantoran. Semua kegiatan dari substansi-substansi manajemen tersebut tentunya menggunakan komputer. Dalam manajemen kurikulum, dalam merumuskan atau pentyusunan kurikulum sekolah pastinya menggunakan komputer. Kemudian dalam manjemen peserta didik, dalam pembuatan dan pengisian presensi peserta didik maupun guru pasti menggunakan komputer. Begitu juga dengan substansi manajemen sekolah lainnya, semuanya tidak bisa lepas dari penggunaan komputer. Aplikasi komputer yang biasa digunakan dalam manajemen sekolah adalah Microsoft Office ( Ms. Word, Ms. Excel. Ms. Power Point, Ms. Access), program SPSS, dan sebagainya. Kesimpulannya, penggunaan komputer sangat berpengaruh dalam kegiatan manajemen di sekolah. Mulai dari perencanaan sampai dengan pengevaluasian. Mulai dari manajemen kurikulum sampai dengan manajemen perkantoran semuanya menggunakan komputer.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

script src='http://colorfullink.googlecode.com/files/smiley_comment.js' type='text/javascript'/>