Senin, 10 Desember 2012

Potret Pendidikan Di Daerah Pedalaman

  Pendidikan merupakan bagian penting dalam upaya mmeningkatkan kemajuan suatu bangsa. Pemerintah tentunya telah berupaya semaksimal mungkin dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia ini. Namun, upaya peningkatan mutu yang dilakukan pemerintah tersebut belum sepenuhnya berhasil secara merata. Masih banyak sektor yang masih perlu mendapatkan perhatian khusus. Salah satu contoh ketidakmerataan pembangunan di sektor pendidikan ini dapat dilihat dari kondisi pendidikan di daerah pedalaman/terpencil. Saya sendiri pernah melihat langsung bagaimana potret pendidikan di salah satu daerah pedalaman tersebut.
            Pengalaman tersebut saya dapatkan saat melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) pada tahun 2012 di Desa Anik Dingir ,Kecamatan Menyuke, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Pada saat saya masuk ke salah satu dusun yang ada di sana, saya menyaksikan bagaimana kondisi sekolah, siswa, dan guru yang ada di sana sungguh sangat memprihatinkan. Sebut saja salah satunya Dusun Pampang tepatnya di SDN 30 Pampang.


            SDN 30 Pampang terletak  sekitar 8 Km dari Desa Anik, 24 Km dari pusat kecamatan, dan 86 Km dari pusat kota. Luas bangunan sekolah 4.400 m2. Jalan menuju sekolah masih berupa tanah kuning dan medannya berbukit-bukit. Sekolah ini merupakan sekolah mini yang hanya terdiri dari 3 ruang kelas, dan 1 ruang guru.  Karena keterbatasan ruangan,  dalam proses pembelajarannya sekolah ini menerapkan sistem penggabungan kelas,  yaitu kelas I dan II,  III dan IV,  V  dan VI.  Guru yang mengajar di sana berjumlah 6 orang,  4 orang yang sudah PNS,  dan 2 orang masih sebagai guru tidak tetap.  Pada umumnya guru-guru di SD ini memiliki latar belakang pendidikan sebagai guru Agama,  tidak ada yang sebagai guru umum.  Adapun jumlah murid yang belajar di SD ini dari kelas I sampai VI adalah sebanyak 32 orang .  
 




 


Berdasarkan gambaran keadaan yang seperti itu sudah dapat kita bayangkan bagaimana proses belajar mengajar yang terjadi disana. Tentu jika kita bandingkan dengan yang ada di kota akan sangan jauh sekali kesenjangannya. Ini hanya salah satu contoh yang saya lihat langsung. Tentunya di daerah lain masih banyak lagi hal-hal seperti ini. Untuk itu kepada pemerintah diharapkan keseriusannya dalam upaya peningkatan mutu pendidikan secara merata dalam rangka memajukan Indonesia.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

script src='http://colorfullink.googlecode.com/files/smiley_comment.js' type='text/javascript'/>